Sabtu, 28 November 2015



TUGAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

DOSEN : ELIZABETH, S.Kom,M.M,.MTA

Nama Kelompok :
 Brigitte Angeline 125140179
 Yuliana Jufari      125140329
 Venna Natalie      125140337
 Christina              125140345
 
Chapter 8   
Sistem Bisnis Perusahaan (Enterprise Business Systems)

Tujuan Pembelajaran :
  1. Mengenal aplikasi-aplikasi yang mendukung sistem bisnis dalam perusahaan
  2. Memahami konsep-konsep dari ERP, CRM, dan SCM
  3. Menjelaskan manfaat-manfaat ERP, CRM, dan SCM dalam pengelolaannya untuk mencapai efisiensi.
  4. Mengidentifikasi hubungan aplikasi-aplikasi dengan bidang-bidang sistem bisnis dalam perusahaan.
  5. Mengetahui manfaat-manfaat dan penyebab kegagalan ERP, CRM, dan SCM 


ERP (Enterprise Resource Planning)

ERP adalah sebuah perencanaan atau sistem informasi dalam satu perusahaan yang bertujuan untuk mengatur sumber daya, tenaga kerja, bahan dan seluruh aktivitas dalam perusahaan. ERP berbentuk software yang mengendalikan seluruh departemen dan kegiatan perusahaan ke dalam sebuah sistem komputer. Dalam kata lain ERP dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dan semua divisi dalam perusahaan.

Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) memiliki konsep:
      Sistem perusahaan lintas fungsional
      Rangkaian yang terintegrasi dari modul software
      Mendukung proses bisnis internal dasar
      Memfasilitasi arus informasi bisnis, pemasok, dan pelanggan

Hubungan ERP dengan bidang sistem bisnis perusahaan yaitu bidang :
      Manufaktur
      Logistik & Distribusi
      Akuntansi
      Keuangan
      Sumber daya manusia

Manfaat ERP:
  • Kualitas dan efisiensi
  • Penurunan biaya 
  • Pendukung keputusan
  • Kelincahan perusahaan

Penyebab Kegagalan ERP :
  • Kurangnya memperkirakan secara kompleks
  • Perencanaan, pengembangan, pelatihan yang tidak siap
  • Kegagalan dalam sumber daya manusia 
  • Waktu pelatihan yang banyak dengan waktu yang sedikit 
  • Ketergantungan pada vendor ERP atau konsultan


Customer Relationship Managament (CRM)

CRM adalah sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan dalam sebuah organisasi. CRM melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini, termasuk di dalamnya adalah pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force), pemasaran, dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field service).


Manajemen Hubungan Pelanggan memiliki konsep :
  • Berfokus pada mendapatkan dan mempertahankan pelanggan
  • Memberikan pandangan lengkap tentang perusahaan kepada pelanggan
Manfaat CRM
  • Mengidentifikasi pelanggan terbaik
  • Personalisasi dan penyesuaian secara real time terhadap siklus keinginan dan kebutuhan pelanggan
  • Penelusuran kontak pelanggan
  • Menyediakan layanan kontak perusahaan pada setiap pelanggan
Hubungan CRM dengan bidang sistem bisnis perusahaan
1.      Kontak dan Akuntansi Manajamen
CRM membantu menangkap dan melacak data yang relevan tentang kontak pelanggan dan prospek bisnis yang sedang tren di masyarakat (pelanggan). Data yang diambil dari media kontak: Telepon, fax, e-mail, website, toko ritel, kontak pribadi. 

2. Pemasaran
                 Membantu melakukan pemasaran secara langsung dengan :
·         Melakukan pemasaran  berdasarkan target bisnis.
·         Penjadwalan dan pelacakan surat bisnis
·         Menangkap dan mengelola respon pelanggan
·         Menganalisis nilai bisnis kampanye pemasaran
·         Memenuhi  tanggapan dan permintaan pelanggan

  1. Layanan dan Dukungan Pelanggan
    • Memberikan layanan jadwal penciptaan, dan pengelolaan pesanan pelanggan
    • Menerima kritik dan saran pelanggan
    • Memberikan layanan umpan balik pada pelanggan
    • Memberikan solusi pemecahan masalah antara perusahaan dengan pelanggan
Penyebab kegagalan CRM
  • Kurangnya sponsor manajemen senior
  • Manajemen perubahan yang tidak tepat 
  • Proyek jangka panjang yang terlalu banyak, dan cepat 
  • Kurangnya integrasi antara CRM dan sistem bisnis inti (ERP) 
  • Kurangnya insentif pegawai yang mengurus pelanggan 
  • Kurangnya pemahaman dan persiapan 
  • Tidak mendahulukan penyelesaian proses bisnis 
  • Tidak ada partisipasi dari pihak stakeholder bisnis
 
Supply Chain Management (SCM)

SCM adalah konsep atau mekanisme untuk meningkatkan produktivitas total perusahaan dalam rantai suplai melalui optimalisasi waktu, lokasi dan aliran kuantitas bahan. Supply chain Management dapat didefinisikan sebagai sekumpulan aktifitas (dalam bentuk entitas/fasilitas) yang terlibat dalam proses transformasi dan distribusi barang mulai dari bahan baku paling awal dari alam sampai produk jadi pada konsumen akhir.

Manajemen rantai nilai (SCM) memiliki Konsep :
      Berfokus pada pengembangan sumber dan proses mendapatkannya yang paling efisien dan efektif untuk berbagai produk yang dibutuhkan oleh perusahaan
      Sistem antar perusahaan lintas fungsi yang menggunakan teknoogi informasi untuk membantu mendukung serta mengelola berbagai hubungan antara beberapa proses bisnis utama perusahaan dan dengan pemasok, pelanggan, serta para mitra bisnis.
      Setiap proses rantai pasokan harus menambah nilai produk atau jasa yang diproduksi
      Menampilkan urutan lengkap pemasok hingga konsumen akhir yang  berkontribusi menciptakan suatu barang atau jasa yaitu :
1.      Supply chain dimulai ketika bahan baku yang digunakan dalam produksi dikirim ke produsen
2.      Kegiatan produksi dilakukan barang jadi diciptakan
3.      Barang jadi bergerak melalui saluran distribusi produsen untuk konsumen akhir.

Tujuan SCM :
  • ·Membantu perusahaan untuk :
    • Dapatkan produk yang tepat 
    • Ke tempat yang tepat 
    • Pada waktu yang tepat 
    • Dalam jumlah yang tepat 
    • Tanpa biaya yang mahal
  • Membantu  mengefisiesikan :
    • Perkiraan permintaan
    • Persediaan kontrol
    • Meningkatkan hubungan
    • Menerima umpan
Manfaat SCM :
  • Lebih cepat, pemrosesan order lebih akurat 
  • Penurunan tingkat persediaan 
  • Waktu yang lebih cepat untuk pasar 
  • Transaksi dan bahan biaya yang lebih rendah 
  • Hubungan strategis dengan pemasok

Tantangan SCM:
  • Kurangnya pengetahuan, alat, dan pedoman data yang tidak akurat 
  • Kurangnya kolaborasi 
  • Alat SCM belum matang, tidak lengkap, dan sulit untuk diterapkan

Contoh Kasus: 

A.  Penerapan CRM pada Telkom

Tujuan Penggunaan CRM pada Pt.Telkom yaitu :
  • Mengenali pelanggannya dengan baik guna sebagai meningkatkan pemahaman terhadap pelanggan 
  • Menciptakan  Keunggulan Kompetitif 
  • Memberi panduan kepada Pt.telkom sendiri dalam penggunaan teknologi dan Sumber Daya Manusia
Manfaat Bagi PT.Telkom Menggunakan CRM :
  • Menjaga Pelanggan dan  menarik pelanggan baru 
  • Menjual produk yang dibutuhkan pelanggan 
  • Respond terhadap pelanggan lebih cepat. 
  • Menambah pangsa pasar dan meningkatkan daya saing.
Dampak CRM terhadap PT.Telkom:
  • Membantu kegiatan perusahaan dalam hal pemasaran ,perdagangan dan pelayanan. 
  • Dengan adanya CRM maka nama perusahaan akan lebih baik di mata pesaingnya. 
  • Menambahkan Aplikasi online berupa situs web perusahaan.

Strategi Bersaing CRM dari PT.telkom:
  • Product Leadership berfungsi agar mampu memenuhi permintaan pelanggan. 
  • Customer Intimacy berfungsi menumbuhkan relation (hubungan baik) antara Telkom dan pelanggan. 
  • Operational Excelent berfungsi mengoptimalkan Proses bisnis dan teknologi informasi dalam mengirim layanan kepada pelanggan. Contoh :  
    • Menyediakan sales
    •  Proses Provisioning ( mudah order ) 
    • Proses Billing & Customer care 
    • Proses jaminan
  
Inti Telkom Menggunakan CRM yang menumbuhkan dampak signifikan  :
a.       Pelanggan menjadi lebih puas dengan pelayanan yang diberikan oleh PT TELKOM.
b.      Dengan adanya aplikasi CRM berupa customer care, pelanggan dapat mengadu tentang gangguan-gangguan produk telkom.
c.       Pelanggan dapat mengetahui informasi tentang produk-produk Telkom dan lain sebagainya



B.     PENERAPAN SCM PADA PT CARREFOUR

Tahapan SCM carrefour terbaru yaitu :
1)      Inbound Logistics (Aktivitas Penerimaan dan Penggudangan barang).
2)      Perencanaan dan Pengadaan persediaan.
3)      Operasi Gudang.
4)      Outbond Logistics
5)      Laporan

Manfaat penerapan SCM pada carrefour:
1)      Mengetahui Hasil Stok barang  lebih akurat.
2)      Ketersedian Produk lebih terjamin.
3)      Memenuhi permintaan pelanggan.
4)      Terjadi efisiensi .
5)      Menjamin mutu dan Kelancaran arus barang.

Kelemahan Carrefour menerapkan SCM:
1)      Memerlukan biaya maintance lebih besar.
2)      Memerlukan tenaga IT ahli untuk implementasi,maintance, dan pelatihan.
3)      Kurangnya pemaso dalam tingkat distribusi.

Tantangan saat menerapkan SCM:
1)      Penyesuaian software infolog.
2)      Membutuhkan biaya awal yang lebih
3)      Pelatihan manajemen perusahaan untuk software baru.

  
C.    Penerapan ERP pada PT.Garuda Indonesia
Beberapa Modul yang di pakai ole PT Garuda Indonesia:
1)      Sales and distribution
2)      Materials Managment
3)      Production planning
4)      Quality managment
5)      Plant maintenance
6)      Human resouces managment
7)      Financial accounting
8)      Controlling
9)      Asset managment
10)  Project  system

Kendala dalam menerapkan proses ERP :
1)      Kurangnya koefisien sistem GA2000, sehingga beberapa pertukaran data masih dilakukan manual.
2)      Memindahkan data dari system GA2000 ke sistem GAP
3)      Pelatihan karyawan untuk menggunakan GAP.

Manfaat ERP dalam PT Garuda Indonesia :
1) PT. Garuda Indonesia terbukti berhasil dalam penerapan ERP karena telah berada pada fase Termination.
2) Dalam penerapan pada PT. Garuda Indonesia, ERP yang digunakan adalah SAP dengan berbagai macam modul seperti FI, MM, AM, HRM, dan modul lainnya.
3) Sistem ERP terbukti membantu dalam mengoptimalkan dan mengefisienkan pertukaran data yang akurat dan cepat


2 komentar:

  1. penerapan software erp yang sesuai memang terbukti dapat membantu mengelola berbagai proses bisnis dengan lebih mudah. salah satu software erp yang bisa Anda andalkan adalah Acumatica Indonesia

    BalasHapus
  2. Casino Review & Ratings - JMHub
    In our review, 강릉 출장안마 you'll find a full review of 광명 출장마사지 the casino. You'll find a variety of 광주광역 출장마사지 different payment options 김포 출장안마 and features and bonuses. Play slots for free 경산 출장샵

    BalasHapus